You are what you think you are :)

Saturday, November 12, 2011

Jungkir Balik Menuju ODP (Officer Development Program) Bank Mandiri

Setelah lulus mau jadi apa?? Yah, hal kayak gitu sering banget jadi beban pikiran para fresh-graduate ex-mahasiswa di Indonesia (mungkin cuma pendapat ane doang kali ya??). Kalau kata ane, hidup itu yaa ga pernah lepas dari galau, contohnya pas SMA menggalau menunggu hasil pengumuman kelulusan Ujian Nasional dan jenjang perkuliahan, udah kuliah galau sama Tugas Akhir dan Sidang kelulusan, udah lulus pun masih aja galau sama urusan pekerjaan dan masa depan.. Yah lepas dari semua kegalauan dalam kehidupan, kita harus bisa membuat pilihan. Sebagai contoh setelah lulus nanti, apa kita mau berwirausaha, bekerja diperusahaan yang diinginkan, atau langsung kawin (ups nikah maksudnya ^^), yah apapun yang menjadi pilihan kita paling ngga dapat mengubah status kita dari sebagai beban negara menjadi aktif berperan sebagai pembangun negri ini :D.

Langsung aja ya, kali ini ane mau share tentang jalur yang udah ane pilih, yaitu ODP MANDIRI!! ODP Mandiri. ODP singkatan dari Officer Development Program adalah suatu programnya Bank Mandiri yang konon katanya diciptakan untuk mencetak calon pemimpin-pemimpin perbankan di perusahaan Bank Mandiri. Untuk prosesnya ODP Mandiri sendiri dibagi menjadi 6 test, yang menurut orang HCG (red: HRD-nya Mandiri) tiap-tiap test ODP Mandiri mewakili level performansi kita dalam bidang tertentu, apakah sesuai dengan yang dikehendaki pihak Bank Mandiri atau tidak. Nah berikut 6 test yang ane alami selama proses rekruitmen ODP Mandiri:


1. Walk In Interview
Test pertama ini cukup sederhana, cuma semacam interview dan wawancara yang menggunakan BAHASA INGGRIS dengan pihak HRD. Gunanya sih untuk mengetahui pribadi, latar belakang, dan kehidupan sehari-hari kita, apakah sesuai dengan yang diharapkan dengan Bank pihak Mandiri. Tapi ada yang bilang kadang ditanyain juga tentang hal-hal umum yang kita ketahui tentang dunia perbankan, walaupun pengalaman ane waktu itu ga ditanyain (alhamdulillah banget yah!!). Saran dari ane sih, mending siapin dulu sebelumnya apa yang mau diucapin, jangan sampe bingung mau ngomong apa pas wawancara, tunjukin sisi positif kita, jangan sampe ada yang berlebihan, atau bahkan kekurangan, termasuk sisi negatifnya. Sehingga dari pihak Bank Mandirinya pun bisa menilai apa kita pantas/cocok dipekerjakan mereka atau tidak.

2. Test TOEFL ITP
Test kedua ODP Mandiri ini dilaksanakan beberapa hari setelah test pertama. Menurut kabar angin yang ane denger sih minimal skornya katanya sekitar 500-an. Cuma ane ga yakin juga sih, karena dari pengalaman ane sendiri yang udah beberapa kali ikutan TOEFL, menurut ane ini test ane yang paling ancur dan ga ada persiapan sama sekali. Walaupun akhirnya ane dinyatain lulus juga pada tahap ini. Ane ga punya saran buat test TOEFL ini, karena ane yakin temen-temen lulusan S1 semua pasti udah terbiasa dengan yang namanya Bahasa Inggris, yah walaupun begitu sebaiknya sebelum test ini, ada baiknya latihan dulu. Sekarang udah banyak koq software-software TOEFL preparation test yang bisa didapet lewat internet secara online.

3. Test Aptitude
Berdasarkan pengalaman ane, pelaksanaan test ketiga ini tepat seminggu setelah test TOEFL. Test Aptitude ODP Mandiri bekerja sama dengan pihak shl indonesia (untuk perkiraan test dan latihannya bisa dilihat langsung di webnya: http://www.shldirect.c*om/). Testnya dibagi 2, test verbal 40 soal dan test numerik 35 soal. Ane lupa jumlah waktunya, masing-masing test yah yang penting temen-temen kerjakan soal se-effisien mungkin, and jangan kebanyakan ngarang jawaban. Pengalaman ane sendiri kemarin, dari 40 soal verbal ane jawab sekitar 37 soal dan dari 35 soal numerik ane cuma jawab sekitar 22-23 an yang ga tau bener atau salah, dan sisanya ga ane jawab.

4. LGD (Leaderless Group Discussion)
Test ke empat ODP Mandiri ini dilaksanakan tepat seminggu juga setelah test ketiga. Banyak yang menyebut test ini dengan nama FGD, tapi sebenernya sama aja, di Bank Mandiri test ini disebut LGD. Sesuai namanya, test ini adalah sebuah test diskusi tanpa ketua yang diawasi langsung oleh observer dari pihak HCG Mandirinya langsung. Temen-temen bakal dimasukin ke sebuah tim sekitar 6-8 orang, yang nantinya tim tersebut akan disuruh buat ngebahas suatu topik untuk mendapatkan kesimpulan tertentu. Ane kurang tau sistem penilaian dari observernya, ane cuma bisa ngasih tips untuk ga terlalu mendominasi dalam diskusi tersebut. INGAT test LGD ini bersifat leaderless, jadi temen-temen mending jangan berlagak sebagai pemimpin disana. Jangan lupa fokus dan konsentrasi pada topik yang diberikan, kalau kita diberikan peran tertentu berlagaklah secara profesional pada posisi tersebut. Bicaralah aktif, tetapi seadanya, jangan sampai kita paling banyak bicara, tetapi yang kita ucapin cuma sekedar pengulangan dari yang udah disebutin dan ga menjadi bobot dalam diskusi tersebut.

5. Medical Check Up Test
Test ke 5 ini dilaksanakan 2-3 hari dari test LGD OPD Mandiri. Udah masuk test ini kemungkinan lolos seleksi ODP Mandiri kita udah semakin besar. Buat test yang satu ini, ane bener-bener ga bisa ngasih saran apapun. Pengumuman testnya aja H-1, jadi bener-bener ga ada persiapan buat "memperbaiki" tubuh wkwkwk... Yah, ane juga termasuk yang pasrah pada keadaan ketika test ini berlangsung. Ada baiknya sebelum test, temen-temen menjaga barang yang masuk ke tubuh temen-temen. Mungkin yang suka merokok, ngopi, ato nge-teh bisa berhenti dulu sementara. Ane sendiri 12 jam sebelum test cuma bisa "berusaha" dengan minum susu yang banyak. Karena menurut wejangan yang dituakan (red:ibu), susu bisa menetralkan racun dalam tubuh. Karena ane ga begitu ngerti, jadi ane cuma bisa nurut aje wkwkwk...

6. Final Interview
Test terakhir dalam proses seleksi ODP Mandiri. Beda dengan Walk in Interview pertama, test ini menggunakan bahasa indonesia, dan orang yang menginterviewnya pun merupakan orang yang berada di jajaran managemen (group head etc) dan 1 level dibawahnya. Jadi persiapin penampilan temen-temen sebaik mungkin, karena ane cowok, waktu itu ane memakai kemeja lengan panjang putih, dengan celana dan jas hitam, dan dasi berwarna merah gelap polos. Yang ditanyain macem-macem, jawablah dengan cerdas, dan sopan. Berusaha mengatakan semuanya secara terperinci dengan alur yang jelas. Buatlah kesan bahwa kita memang pantas untuk masuk kedalam ODP Mandiri tersebut. Kalo kita sampe gagal ditest ini kan pasti nyesek banget tuh, makanya tunjukin performansi temen-temen se optimal mungkin.

Beberapa hari setelah Final Interview temen-temen bakal dihubungin oleh pihak Mandirinya untuk proses Offering Letter (alhamdulillah akhirnya... ^ ^). Isinya sih sekedar perjanjian dengan pihak Bank Mandirinya, yang ga bisa ane jelasin lebih lanjut. Tetapi semoga info mengenai proses rekrutmen ini bisa membantu temen-temen yang mau masuk dan bergabung dalam jalur ODP Mandiri.

Kembali ke topik di paragraf pertama paliii~ng atas, tentang mau jadi apa temen-temen setelah lulus kuliah nanti?? Ane tau menentukan pilihan itu ga mudah, dan juga ga sulit. Ane bilang ga mudah karena banyak pertimbangan yang harus kita ambil, ane bilang ga sulit yaa, karena pastinya lebih sulit lagi menjalankan prosesnya setelah kita mengambil pilihan tersebut. Sepanjang perjalanan menentukan pilihan, pasti akan ada banyak berita/ucapan miring yang mendindingi kita untuk melihat kedepan. Ane sih ga terlalu suka berpikir sesulit itu, ane lebih suka menikmati suatu proses secara maksimal apapun hasil yang ane dapet nanti. Pastinya ane yakin, hasil suatu proses yang kita tuai itu sesuai dengan usaha yang telah kita berikan dalam prosesnya tersebut. Mungkin ini yang bisa ane share sekarang, sekali lagi semoga bisa menjadi info yang berguna buat temen-temen yang juga mau/ sedang ikut proses rekrutmen ODP Bank Mandiri. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya
Share:

4 komentar: